Memahami Pengertian Website Toko Online dan Jenisnya!

Mungkin, di antara Anda masih ada yang belum mengetahui mengenai pengertian website toko online. Atau bahkan masih sering tertukar dengan pengertian website lainnya. Padahal, setiap website memiliki pengertian berbeda.

Saat ini sudah banyak sekali bermunculan website toko online. Hal ini dipicu dengan kebiasaan masyarakat yang cenderung lebih menyukai berbelanja online dibandingkan langsung karena berbagai kemudahannya.

Ternyata, terdapat dua jenis website toko online yang ada hingga saat ini, masing-masing website tersebut memiliki karakter berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Website Toko Online dan Jenisnya

Memahami Pengertian Website Toko Online dan Jenisnya!
Memahami Pengertian Website Toko Online dan Jenisnya!

Website toko onlinememiliki pengertian website yang digunakan untuk menawarkan barang jualan secara online. Semua proses dari mulai promosi, penjualan, pembelian, hingga transaksi dilakukan secara online.

Namun, dengan kemajuan sistem pembayaran toko online saat ini. Pembayaran dapat dilakukan secara offline dengan metode cash on delivery (COD).

Jadi, konsumen dapat membayar saat barangnya sudah datang.Toko online dibagi menjadi dua jenis berdasarkan fungsinya, berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya:

  1. Website Toko Online Produk Spesifik

Website produk spesifik hanya menjual produk dengan brand, jenis, fungsi tertentu saja. Artinya niche website ini hanya satu jenis, misalnya website yang menjual kamera, printer, skincare.

Atau bisa juga hanya menjual barang dari brand tertentu dan tidak menjual brand lainnya meski barangnya sama. Website jenis ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah kelebihannya:

  • Website produk spesifik lebih sederhana dan tidak perlu dibuat terlalu canggih, sehingga proses pembuatannya lebih cepat dan mudah.
  • Nilai konversinya tinggi, yang artinya proses penjualan bisa dilakukan meski jumlah pengunjung sedikit.
  • Calon konsumen tidak banyak menunda pembelian barang karena produknya spesifik seperti yang mereka cari.
  • Perangkingan dan pengindeksan ke halaman google lebih mudah. Sehingga, website ini lebih mudah ditemukan di halaman utama google.

Sama halnya dengan pengertian website toko online spesifik, maka barang yang dijual bisa saja hanya satu jenis. Hal ini menyebabkan beberapa kekurangan seperti berikut:

  • Kapasitas pembelian konsumen rendah, sebab mereka hanya membeli barang tertentu saja tanpa ada barang lain yang mungkin menarik perhatiannya.
  • Jika nama domain Anda berbau barang yang dijual, maka besar kemungkinan konsumen akan mudah melupakannya. Sebab, banyak juga website toko online yang memiliki nama mirip-mirip.
  • Untuk menjual barang lainnya, Anda harus membuat website lain. Sehingga, akan lebih repot dalam penangannya.

Dan yang mungkin paling mengganggu untuk konsumen adalah tidak adanya sistem untuk menghitung ongkir belanjaannya. Sehingga, Anda harus menanyakannya terlebih dahulu kepada CS.

  1. Website Toko Online Brand Store

Website jenis ini menjual berbagi macam produk, tidak hanya produk tertentu saja. Niche yang digunakan lebih beragam dan jangkauan konsumennya lebih luas dibandingkan website produk spesifik.

Karakteristiknya sangat berbanding terbalik dengan website produk spesifik. Berikut ini adalah kelebihan dari website brand store:

  • Konsumen lebih leluasa dan bisa berbelanja berbagai macam produk dari website Anda. Sehingga, pendapatan website akan meningkat dan menghasilkan keuntungan lebih banyak.
  • Website brandstore cenderung memiliki nama domain yang unik dan pendek, tidak sama dengan website lainnya. Oleh sebab itu akan lebih diingat oleh konsumen.
  • Sistem website lebih canggih, sehingga akan memberikan kepuasan bagi pengunjungnya.

Sedangkan untuk kekurangannya sendiri adalah:

  • Pembuatan website lebih lama karena sangat kompleks sistemnya.
  • Tingkat konversinya lebih rendah.
  • Biaya penggunaan vps lebih mahal, oleh sebab itu Anda perlu mencari informasi tempat beli vps murah.

Dengan memahami kedua jenis website toko online di atas sangat penting untuk pebisnis. Sebelum itu, tentunya Anda harus memahami terlebih dahulu pengertian website toko online sebagai gambaran umunnya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.