Trik Agar Pembelajar Bahasa Inggris Dewasa Berani Berlatih Speaking!

JuraganReview.com – Pada dasarnya inti dari penguasaan sebuah bahasa adalah berbicara, membaca, dan menuliskannya. Namun, dari ketiga hal tersebut, yang paling penting adalah berbicara (speaking). Itulah alasan mengapa banyak orang dewasa, terutama dari kalangan profesional yang ingin mendaftar les Inggris terbaik. Mereka merasa bisa berbahasa Inggris, mampu membaca dan memahami teks bahasa Inggris, pun menulis teks bahasa Inggris, namun kesulitan berbicara dalam bahasa Inggris.

Ada beberapa trik yang biasa digunakan oleh les Inggris terbaik untuk memancing siswanya berbicara, terutama siswa-siswa dewasa. Penyedia les Inggris untuk dewasa tahu bagaimana cara memancing siswa dewasa untuk aktif dalam kegiatan speaking.

Daftar Isi

BACA JUGA :
Mengenal Lebih Dekat Sepatu Nike Running Asli Dan Yang Kw
Trik Agar Pembelajar Bahasa Inggris Dewasa Berani Berlatih Speaking
Belajar Bahasa Inggris

Cara pertama, memancing dengan pertanyaan-pertanyaan.

Metode ini sangat sederhana. Setelah memberikan materi berupa bacaan, tutor akan bertanya mengenai teks yang diberikan. Bila kamu ingin cepat lancar berbicara dalam bahasa Inggris, aktiflah dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tutor. Jangan malu menjawab, meski bisa saja jawaban kamu salah.

Cara kedua, bermain peran atau role play.

Ini tantangan besar bagi kamu yang merasa pemalu. Maju ke depan dan praktikkan keterampilan speaking. Kamu akan merasa puas setiap kali bisa mempresentasikan sebuah role play dengan cara yang kreatif.

Cara ketiga, debat dengan topik yang menarik.

Biasanya cara ini berkaitan dengan aktivitas debat. Tutor akan memberikan tema kontroversial, agar perdebatan berlangsung menarik, juga sengit. Setiap orang pasti memiliki pendapat yang berbeda-beda. Nah, di sinilah uniknya. Kamu bisa mengutarakan pendapatmu dengan bebas, mengeksplorasi vocabulary yang kamu miliki, sekaligus menunjukkan kedalaman berpikir pribadi kamu. Namun, hati-hati, jangan menyentuh ranah privasi atau menyinggung orang lain dalam kegiatan ini.

BACA JUGA :
Cara Membuat VPN Sendiri di Android

Cara keempat, bercerita tentang diri sendiri.

Orang cenderung senang bercerita. Kita senang membicarakan diri kita sendiri. Bila tutor memberikan kesempatan kepada kamu untuk bercerita, bersikaplah senang. Karena, ini waktunya untuk mengasah speaking menggunakan bahasa-bahasa sederhana yang sudah kamu akrabi. Tidak ada yang lebih mudah dari membicarakan diri sendiri, bukan?

Cara kelima, ajukan pertanyaan.

Bila cara pertama di atas yang mengajukan pertanyaan adalah tutor, sekarang sebaliknya, kamu yang harus memberi pertanyaan untuk tutor di kelas. Eksplorasi apa saja yang ingin kamu ketahui. Aktivitas ini penting untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kamu menyusun berbagai bentuk kalimat tanya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.