Review: ASUS ZenFone Max Pro M2, HP Gaming Bukan Kaleng Kaleng

JuraganReview.com – Beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 11 Desember 2018, ASUS kembali meluncurkan produk smartphone terbarunya yang menyasar kepada pecinta gaming. Merupakan produk update dari produk sebelumnya yang juga sempat menjadi produk laris dari smartphone ASUS. Hingga dicap sebagai HP Ghoib karena ketidak tersediannya setelah launching, tetapi jangan takut untuk produk produk terbaru kali ini tidak ada lagi istilah ghoib.

ASUS ZenFone Max Pro M2 adalah produk terbaru yang diluncurkan pada saat itu. Untuk melihat Sepesifikasi ASUS ZenFone Max Pro M2 kalian bisa intip – intip tulisan Juragan di artikel ini.

Merupakan kebahagiaan tersendiri bagi Juragan memiliki kesempatan untuk merasakan langsung pengalaman menggunakan ASUS ZenFone Max Pro M2, pengalaman yang didapat berdasarkan pemakaian lebih kurang dalam waktu 2 minggu. Dan pengalaman yang diberikan dalam artikel ini murni pengalaman saya pribadi, semoga pengalaman saya menjadi inspirasi bagi kamu para pembaca untuk meminang ASUS ZenFone Max Pro M2.

Hal yang pertama saya suka dari ASUS ZenFone Max Pro M2 adalah terletak pada desain box nya, kelihatan sangat dan memiliki jiwa gamers banget deh. Lanjut kita bakal unboxing kotak ASUS ZenFone Max Pro M2. Apa saja yang terdapat dalam paket pembelian ASUS ZenFone Max Pro M2.

Unboxing Kotak ASUS ZenFone Max Pro M2

Unboxing ZenFone Max Pro M2
Unboxing ZenFone Max Pro M2

Terlihat pada gambar yang terdapat pada kotak ASUS ZenFone Max Pro M2 adalah  paket charger (kepala + kabel microUSB), sim ejektor, kartu garansi, kartu petunjuk penggunaan, softcase, dan yang tak kalah penting pastinya unit nya sendiri. Di dalam kotak tidak dibekali dengan headshet sama seperti produk pendahulunya ASUS ZenFone Max Pro M1.

Desain

Kesan pertama saat menggenggam ZenFone Max Pro M2 adalah kok tipis banget ini handphone, padahal kan menggunakan kapasitas baterai yang besar. Seperti yang kita ketahui bahwa seri Max dari ZenFone selalu menggunakan kasitas baterai yang besar. Begitu pula pada ZenFone Max Pro M2 ini yang menggunakan kapasitas baterai 5.000 mAh tetapi bisa hadir dengan desain yang tipis dan stylish.

Selain tipis, handphone ini juga terasa ringan di genggaman. Seakan – akan kita tidak sedang menggenggam handphone dengan kapasitas baterai 5.000 mAh.

Sekarang kita coba review bagian depannya, layar yang digunakan sudah mendukung corning gorilla glass 6, layar handal anti lecet. Hehehe. Pada bagian atas terlihat ada notch yang ditempatkan kamera depan dan lampu sensor. Walaupun terdapat notch, tetapi saat bermain game terasa layar yang full screen.

Bermain Game di ZenFone Max Pro M2
Bermain Game di ZenFone Max Pro M2

Pada bagian belakang, material yang digunakan bukanlah glass (kaca), melainkan bahan akrilik tetapi telihat seperti kaca. Membuat desain lebih terlihat elegan, dan dikarenakan bahan yang digunakan terbuat dari bahan akrilik, kemungkinan besar akan terjadinya lecet karena benda lain sangat mungkin terjadi. So, hati – hati saat penggunaan ya.

BACA JUGA :
Tak Lagi Gaib, Penjualan Offline ASUS ZenFone Max Pro M2 Dimuali 14 Desember 2018

Terlihat dua kamera berjejer dengan lampu dan fingerprint yang berbentuk bulatan yang menambah desain semakin menarik.

ZenFone Max Pro M2 Bagian Belakang
ZenFone Max Pro M2 Bagian Belakang

Pada bagian samping kiri terdapat tombol power dan tombol volume, saat digenggam tombol pun terasa pas untuk digunakan. Dan pada bagian samping kanan terdapat untuk meletakkan SimCard dan MicroSD. 2 slot untuk micro SimCard dan 1 slot untuk MicroSD.

ZenFone Max Pro M2 Bagian Kiri
ZenFone Max Pro M2 Bagian Kiri
ZenFone Max Pro M2 Bagian Kanan
ZenFone Max Pro M2 Bagian Kanan

Pada bagian bawah terdapat lubang microUSB untuk pengecasan baterai dan lubah jack audio 3,5mm. Terdapat juga lubang speaker yang selalu memberikan kesan suara yang menggelegar pada ASUS ZenFone Max Pro M2.

ZenFone Max Pro M2 Bagian Bawah
ZenFone Max Pro M2 Bagian Bawah

Layar

ASUS ZenFone Max Pro M2 dibekali dengan layar 6,3 inchi dengan bezel yang sangat tipis. Sehingga Max Pro M2 ini memiliki layar yang lebih luas dibanding pendahulunya yang memiliki layar 5,99 inchi, tetapi secara nyata ZenFone Max Pro M2 ini lebih pendek bodinya daripada Max Pro M1.

Dibekali dengan layar ber Corning Gorilla Glass 6, yang hanya akan kita dapatkan di tipe – tipe smartphone premium membuat ZenFone Max Pro M2 ini semakin elegan. Dengan layar berjenis IPS dengan resolusi 2280 x 1080 membuat tampilan di layar sangat nyaman dipandang dari bermacam sudut pandang.

Operating Sistem

ASUS ZenFone Max Pro M2 menggunakan sistem operasi Android Murni 8.01 Oreo. ASUS kembali tidak menggunakan sistem UI sendiri yaitu ZenUI karena memiliki alasan tersendiri salah satunya untuk meminimalisir pemakaian RAM yang bisa digunakan untuk pengoptimalan saat bermain game – game besar saat ini.

Android Oreo ZenFone Max Pro M2
Android Oreo ZenFone Max Pro M2

Terdapat aplikasi bawaan (preinstall) pada ASUS ZenFone Max Pro M2 yaitu aplikasi Caping dan aplikasi game Free Fire. So, pastinya sudah memakan kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

Performa

Ada 3 varian yang dikeluarkan oleh ASUS untuk produk ASUS ZenFone Max Pro M2 ini. Yaitu (1). RAM 3GB, Penyimpanan 32GB, (2). RAM 4GB, Penyimpanan 64GB, dan (3). RAM 6GB, Penyimpanan 64GB. Dan untuk produk yang saya pegang adalah untuk RAM 4GB dan Penyimpanan 64GB.

BACA JUGA :
ASUS ZenBook S Burgundy Red Limited Edition, ZenBook Terbaru ASUS

ASUS ZenFone Max Pro M2 dibekali dengan prosesor QualComm Snapdragon 660 AIE (Artificial Intelligent Engine), merupakan prosesor yang gahar untuk saat ini. So, buat kalian yang suak gaming kalian cocok banget dengan performa yang diberikan oleh ASUS ZenFone Max Pro M2 ini.

Sedangkan untuk pemakaian normal sehari – hari, smartphone ini sudah sangat cukup layak apalagi bagi kalain para pebisnis online yang memerlukan banyak aplikasi media sosial maupun marketplace yang kalian install. Smartphone ini sudah sangat mendukung semua dengan kapasitas RAM dan Penyimpanan nya.

ASUS ZenFone Max Pro M2 juga memiliki skor AnTuTu yang cukup mencengangkan yaitu dengan skor 121.422.

Skor AnTuTu ZenFone Max Pro M2
Skor AnTuTu ZenFone Max Pro M2

Kamera

Yang saya salut dari setiap produk ASUS adalah walaupun menyasar ada segmen tertentu, tetapi mereka selalu memberikan pengalaman foto yang luar biasa kepada penggunaannya. ASUS ZenFone Max Pro M2 memang smartphone yang dikhususkan untuk para gamers, tetapi bukan hanya para gamers saja yang mengincar produk ini. Tetapi mereka yang ingin memiliki smartphone sengan spesifikasi gahar dan dengan harga yang terjangkau juga banyak kepincut. Maka dari itu, kemampuan foto dan video pun harus diperhatikan untuk produk produk berikutnya.

Hal itu sudah terlaksana pada produk sebelumna di ASUS ZenFone Max Pro M1 yang sudah memiliki kemampuan kamera yang sangat baik. Nah, pada produk update-an nya saat ini pun tetap memiliki kemampuan pengambilan foto yang luar biasa. Didukung dengan  kamera utama 12MP dengan sensor Sony IMX486 dengan f1.8, dan kamera kedua 5MP untuk mode bokeh. Untuk kamera depan didukung dengan 13MP f2.0.

Adapun fitur kamera yang disematkan adalah mode Automatic, Pro, HDR, Sports, dan Night. Dikarenakan prosesor yang digunakan sudah ada AIE, maka kedepan ASUS akan memberikan update fitur kamera untuk fitur AI Scene Detection.

Mode Kamera ZenFone Max Pro M2
Mode Kamera ZenFone Max Pro M2

Bagi yang suka dan mendalami dunia photography, maka mode Pro merupakan pilihan yang tepat untuk mengotak ngatik. Terdapat fitur Manual Fokus (MF), pengaturan Shutter Speed dari 1/2000 hingga 1/4, ISO dari 100 hingga 1600, dan ada juga untuk setting EV dan WB (White Balance).

Fitur Pro Pada Kamera ZenFone Max Pro M2
Fitur Pro Pada Kamera ZenFone Max Pro M2

Hasil Kamera ASUS ZenFone Max Pro M2

Karena penasaran dengan kemampuan kamera nya, Juragan akhirnya mencoba beberapa objek foto di sekitaran Malioboro Jogja. Berikut beberapa hasil jepretan saya :

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Arief Ramadhan (@arieframadhan88) on

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Arief Ramadhan (@arieframadhan88) on

Untuk mode autonya pun membuat Juragan kagum dengan detail gambar yang dihasilkan. Salah satunya foto anak Juragan yang berhasil Juragan jepret dengan menggunakan mode Automatic.

BACA JUGA :
ASUS ZenFone Max Pro M2 Makin Tangguh dengan Gorilla Glass 6
Foto Kiandra dari ZenFone Max Pro M2
Foto Kiandra dari ZenFone Max Pro M2

Kekurangan

Ibarat kata, tak ada gading yang tak retak. Setiap produk yang sudah didesain sedemikian mungkin pun terkadang masing terasa kurang sempurna. Kekurangan berdasarkan pengalaman Juragan sendiri saat menggunakannya bermain game, ketika ingin menggunakan headphone kabel jack 3,5mm yang berada pada bagian bawah memberikan kesan yang kurang nyaman saat bermain game dengan posisi landscape (horizontal).

Kelebihan

Selain menggunakan prosesor QualComm Snapdragon 660, Corning Gorilla Glass 6 dan kapastitas baterai 5.000 mAh, yang Juragan senangi dari ZenFone Max Pro M2 ini adalah pada fitur security Face Recognition nya yang sangat cepat mendeteksi wajah yang sudah tersetting. Jadi ketika ingin membuka handphone dalam keadaan terkunci  hanya dengan menghadapkan wajah ke kamera depan otomatis dengan cepat kunci akan terbuka.

Kesimpulan

Sebagai Smartphone Gaming dengan range harga yang cukup terjangkau, ASUS ZenFone Max Pro M2 memiliki fitur – fitur yang sangat mumpuni dan cukup dibilang waw dengan harga resmi yang dikeluarkan oleh ASUS. ZenFone Max Pro M2 merupakan smartphone upgrade terbaik yang Juragan rasakan setelah pendahulunya ZenFone Max Pro M1, tidak hanya dari segitu fitur yang disematkan, tetapi dari desain yang diberikan semakin elegan dan stylish jadi tidak hanya cocok untuk seorang gamers saja, tetapi untuk masyarakat umum dengan budget menengah bisa di sasar oleh produk ASUS ZenFone Max Pro M2 ini. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau untuk ketiga varian tersebut, yaitu :

  • RAM 3GB / Penyimpanan 32GB : Rp. 2.799.000,-
  • RAM 4GB / Penyimpanan 64GB : Rp. 3.199.000,-
  • RAM 6GB / Penyimpanan 64GB : Rp. 3.699.000,-

So, buat kamu yang penasaran dengan kemampuan dari ASUS ZenFone Max Pro M2 segera pinang dan rasakan sensasinya.

Summary
product image
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on votes
Brand Name
ASUS
Product Name
ZenFone Max Pro M2
Price
IDR 2799000
Product Availability
Available in Store Only

1 thought on “Review: ASUS ZenFone Max Pro M2, HP Gaming Bukan Kaleng Kaleng”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.