Pengertian dan Fungsi Domain yang Sangat Penting dalam Dunia Digital

Pengertian dan Fungsinya – Bagi Anda para pebisnis, organisasi ataupun individu yang ingin membuat website harus menyediakan nama domain untuk situsnya. Memang saat ini online presence dapat dengan mudah dibangun menggunakan media sosial.

Namun, kehadiran website dinilai lebih efektif dalam menjangkau pelanggan, meningkatkan keuntungan serta kredibilitas. Sebagai pemula, Anda perlu mengetahui pengertian domain dan fungsinya, agar setelah Anda tahu, Anda dapat memikirkan dengan baik nama domain yang sesuai.

Bagi Anda yang penasaran dengan maksud dari istilah domain, maka simak penjelasan mengenai pengertian domain dan fungsinya berikut.

Pengertian Domain

Pengertian dan Fungsinya
Pengertian dan Fungsinya

Secara harfiah, domain memiliki arti sebuah bidang atau ruang kekuasaan, tempat di mana orang bebas beraktivitas secara otoritatif. Domain ini diistilahkan layaknya rumah dimana hanya pemilik yang memiliki wewenang untuk mengelola. Sehingga, dalam pengertian teknis internet, domain adalah sebuah rumah atau lokasi dari website dan hanya pemilik yang berhak untuk mengelola.

Domain merupakan nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat IP yang berupa kombinasi angka yang rumit. Dengan adanya domain, user akan lebih mudah mengingat alamat website Anda. Domain juga sering disebut sebagai alamat website. Alamat website Anda akan dimasukkan ke dalam kolom URL browser untuk mengunjungi situs website Anda.

URL browser ini sebenarnya hampir sama dengan alamat domain. Pembedanya, URL merupakan alamat lengkap dari sebuah domainwebsite, sedangkan alamat domain menjadi salah satu bagian dalam URL tersebut.

Fungsi Domain

Sebelum mengetahui fungsi domain, Anda perlu tahu bahwa internet menjadi jaringan komputer raksasa yang saling terhubung antara satu dengan yang lain melalui jaringan kabel global. Komputer yang berada di jaringan ini dapat saling berkomunikasi dengan komputer lainnya. Pada proses identifikasi, setiap komputer diberi alamat IP yang berupa label numerik dan dipisahkan menggunakan tanda titik.

Deretan angka IP ini karena terdiri dari beberapa angka, maka sulit diingat oleh kebanyakan user. Sehingga, hadirlah domain. Daripada para user menulis angka IP yang rumit dan panjang, maka user cukup mengetik nama domain ke dalam bilah browser untuk membuka situs website.

Setelah nama domain yang akan telusuri telah diketik, maka permintaan pencarian akan dikirim ke jaringan global server yang membentuk DNS (Domain Name System). DNS inilah yang nantinya akan mentransfer nama domain menjadi alamat IP. Alamat IP ini merupakan alamat server yang menghosting situs web. Kemudian, server dapat dengan cepat dihubungi serta situs web dapat disajikan kepada user.

Selain berfungsi untuk mempermudah dalam mengakses website, fungsi domain juga menjadi identitas dari sebuah server website agar para user tidak salah alamat saat mengunjunginya. Nama domain atau domain name akan menjadi pembeda dari lainnya.

Tidak seorangpun yang dapat menggunakan nama domain yang pada awalnya sudah terdaftar atas nama orang lain. Sehingga, dengan adanya domain ini, apapun hasil karya Anda tidak dapat di plagiat oleh orang lain.

Tiga jenis domain yang dapat Anda ketahui diantaranya adalah Top Level Domain, Second Level Domain dan Third Level Domain. Top Level Domain berada di akhir dalam susunan domain website. Second Level Domain berada di antara sub Domain dan ekstensi domain. Sedangkan Third Level Domain adalah sub domain paling depan sebelum nama domain.

Bisnis Online dengan Jadi Reseller Domain

Apabila Anda sebagai perusahaan ingin menjual nama domain, Anda dapat bergabung dengan program reseller RNA. RNA telah menjadi salah satu reseller domain Indonesia (id) murah terbaik. Pengalaman dalam memenuhi kebutuhan bisnis domain tidak perlu diragukan lagi.

Terdapat banyak fitur unggulan dari RNA yang dapat digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan bisnis domain dengan cepat dan mudah. RNA menawarkan berbagai domain id dengan harga terjangkau dan transparan, tanpa adanya biaya tambahan.

Berapa harga domain reseller? Berbagai pilihan ekstensi domain Indonesia diantaranya .id, .co.id, .my.id, .ac.id, .biz.id, .or.id, .ponpes.id, .sch.id dan web.id. setiap ekstensi tersebut memiliki harga domain reseller yang berbeda. Untuk ekstensi domain .id biaya registrasi sebesar Rp210.000 dengan renewal Rp215.000.

Untuk ekstensi domain .co.id biaya registrasi sebesar Rp270.000 dengan renewal Rp275.000. Untuk ekstensi domain .my.id biaya registrasi sebesar Rp10.000 dengan renewal Rp11.000. Kemudian, ekstensi domain lainnya .ac.id, .biz.id, or.id, .ponpes.id, sch.id dan .web.id dikenakan biaya registrasi yang sama yaitu sebesar Rp 45.000 dengan renewal Rp47.000.

Di RNA ini, tidak ada slab maupun Tier sehingga Anda akan langsung mendapat harga termurah. Harga atau biaya registrasi maupun transfernya tetap dengan catatan belum termasuk PPN 11%.

Saat melakukan deposit, maka Anda akan dikenakan PPN 11%. Sebagai informasi, harga setiap domain termasuk DNS Management, Domain Forwarding, Email Forwarding, dan DNSSEC. Juga termasuk validasi pendaftaran domain melalui email maupun verifikasi dokumen serta bantuan layanan purna jual dan konsultasi.

Demikianlah penjelasan terkait pengertian domain dan fungsinya. Agar pelanggan tertarik untuk mengunjungi situs website Anda, maka Anda perlu memperhatikan dengan dan performa website dengan baik.

5/5 - (1 vote)
Juragan Review

Informasi Seputar Rekomendasi Produk Terbaik.

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.