Beli Mobil Baru atau Bekas, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Bagi sebagian orang memiliki mobil sendiri masih menjadi impian yang ingin dicapai. Apalagi saat ini ada begitu banyak pilihan mobil yang tersedia, baik mobil bekas maupun baru.

Jika Anda ingin membeli mobil untuk pertama kali tentunya sulit menentukan mobil mana yang Anda inginkan. Pertimbangan beli mobil bekas atau baru, punya kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Di satu sisi, mobil baru tentu memiliki performa yang lebih baik jika dibandingkan mobil bekas. Namun, apabila terkendala budget, memilih mobil bekas juga bisa menguntungkan dan harganya lebih ekonomis.

Sebelum mengajukan asuransi mobil, sebaiknya Anda cari tahu detail premi asuransi syariah untuk melindungi kendaraan kesayangan.

Sementara itu, apabila Anda memilih mobil baru bisa menggunakan asuransi All Risk, di mana asuransi mobil apa saja yang ditanggung mulai dari kerusakan hingga kehilangan mobil.

Pertimbangan Beli Mobil Bekas atau Baru

Beli Mobil Baru atau Bekas
Beli Mobil Baru atau Bekas

Ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan sebelum memutuskan beli mobil baru atau bekas. Berikut ini beberapa pertimbangan yang perlu Anda ketahui:

Harga mobil bekas lebih terjangkau

Di tahun pertama, mobil baru mengalami penyusutan nilai barang hingga 20 persen. Hal ini tentu saja membuat harga jual mobil menjadi lebih rendah. Sehingga harga mobil bekas lebih terjangkau.

Apabila Anda membeli mobil bekas secara kredit, umumnya memiliki tingkat bunga yang lebih rendah jika dibandingkan mobil baru. Pembayaran cicilan mobil pun jadi lebih murah.

Bahkan, dengan budget yang lebih ramah di kantong, Anda bisa mendapat mobil bekas dengan fitur yang lebih lengkap dari mobil baru.

Apabila Anda hendak menjual mobil bekas, selama kondisinya masih baik maka penurunan nilainya tidak terlalu signifikan. Sehingga tidak banyak mengalami rugi jika ingin dijual lagi.

Biaya perawatan mobil bekas lebih tinggi

Mobil baru tentunya memiliki performa yang jauh lebih baik dibandingkan mobil bekas. Sebab bagaimanapun, jika membeli mobil baru maka Anda akan mendapatkan service dan garansi resmi pembelian dalam beberapa bulan.

Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk biaya perawatannya di awal.

Sedangkan pada mobil bekas, Anda perlu siap-siap apabila sewaktu-waktu performa mobil tidak baik. Maka dari itu ketika hendak beli mobil bekas, sebaiknya Anda perlu mengetahui bagaimana riwayat kerusakan atau pemakaian mobil bekas tersebut.

Sebab budget perawatan mobil bisa jadi membengkak karena banyaknya kerusakan yang mungkin terjadi.

Premi asuransi pada mobil baru lebih rendah

Premi asuransi pada mobil baru lebih rendah dibandingkan mobil bekas. Hal ini dikarenakan usia mobil yang semakin tua maka bisa jadi semakin rentan mengalami kerusakan, apalagi jika ketersediaan suku cadang yang semakin langka.

Selain itu, pengajuan premi asuransi pada mobil bekas juga lebih rumit dari mobil baru. Sebab sebuah perusahaan asuransi harus melakukan survei lebih dahulu untuk mengecek kondisi mobil.

Pajak kendaraan mobil baru lebih tinggi

Pada mobil baru umumnya dikenai pajak lebih besar dari mobil bekas. Apalagi jika mobil Anda termasuk kategori mobil mewah atau mempunyai harga di atas 500 juta rupiah.

Sementara itu, jika Anda memilih membeli mobil bekas Anda perlu mengurus bea (BBNKB) atau balik nama kendaraan bermotor serta membuat STNK baru.

Mobil bekas bisa langsung dipakai

Keuntungan lain yang bisa Anda dapat dari membeli mobil bekas adalah Anda bisa langsung memakainya.

Meski belum jadi milik Anda sepenuhnya, namun Anda sudah memiliki hak milik. Karena BPKB dan STNK kendaraan sudah tersedia.

Berbeda jika Anda membeli mobil baru dimana Anda perlu mengurus BPKB dan STNK mobil terlebih dulu untuk bisa memakainya. Pengurusan surat-surat tersebut juga membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan.

Lebih Untung Membeli Mobil Baru atau Bekas?

Jadi lebih untung mana membeli mobil yang baru atau mobil bekas? Apabila Anda memiliki budget terbatas, maka mobil bekas bisa jadi pilihan tepat.

Sebab untuk biaya pajak kendaraan, bahan bakar hingga biaya belinya lebih ringan dari mobil baru.

Apalagi jika kondisinya masih sangat bagus, maka biaya perawatan bisa lebih terjangkau. Namun membeli mobil baru jika tidak kalah menguntungkan apabila budget Anda cukup.

Karena dilihat dari segi performa, tampilan hingga biaya perawatannya tentu lebih hemat.

Demikian beberapa pertimbangan beli mobil yang perlu Anda perhatikan. Semoga membantu!

5/5 - (1 vote)
Juragan Review

Informasi Seputar Rekomendasi Produk Terbaik.

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.