Asuransi Mobil: Pahami Jenis dan Manfaatnya untuk Kendaraan!

Asuransi mobil memberikan perlindungan terhadap kendaraan yang dimiliki dari kerusakan akibat kecelakaan hingga kehilangan yang disebabkan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Terlebih, harga mobil tidaklah murah dan membutuhkan biaya yang banyak apabila terjadi kerusakan.

Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang menyadari pentingnya memiliki asuransi kendaraan.

Manfaat Menggunakan Asuransi Kendaraan

Asuransi Mobil
Asuransi Mobil

Selain kesehatan dan jiwa, asuransi kendaraan juga sama penting. Hal ini untuk mencegah pengeluaran biaya tidak terduga. Sebab, kecelakaan maupun kerusakan yang terjadi tidak dapat diprediksi.

Lalu, apa saja manfaat menggunakan asuransi mobil khusus Jakarta?

Menutup Biaya Kerugian Jika Terjadi Kerusakan

Manfaat memiliki asuransi mobil, yaitu melindungi pemilik atas kerugian akibat biaya perbaikan. Biayanya bisa meliputi kerusakan akibat kebakaran, lecet, rusak tertabrak pengendara lain, hingga kerusakan akibat kecelakaan. Apalagi, di kota besar seperti Jakarta yang padat akan lalu lintas.

Biasanya perusahaan asuransi akan bekerja sama dengan berbagai bengkel, baik bengkel rekanan atau authorized.

Namun, pastikan semua dokumen yang disertakan sudah lengkap, sehingga klaim asuransi bisa dilakukan lebih cepat dengan penerbitan SPK (Surat Perintah Kerja) ke bengkel pada hari yang sama setelah adanya laporan klaim.

Memberikan Perlindungan kepada Kendaraan

Kecelakaan lalu lintas saat berkendara bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Tentu, musibah kecelakaan tidak dapat diprediksi dan tidak semua orang ingin mengalaminya.

Maka dari itu, sebaiknya memberikan perlindungan sejak dini agar mencegah pengeluaran biaya semakin membengkak. Dengan demikian, perbaikan kendaraan dapat digantikan sesuai jenis kerusakan.

Perlindungan kendaraan mencakup kerusakan akibat kecelakaan, tergores akibat pengendara lain, benturan, tergelincir, hingga mobil terperosok ke dalam lubang sekalipun.

Melindungi Mobil Akibat Kasus Pencurian

Selain kerusakan mobil akibat kecelakaan, asuransi juga dapat melindungi risiko kehilangan mobil akibat pencurian. Namun, kasus pencurian berlaku jika dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan bukan kelalaian pemilik sendiri.

Manfaatnya berupa penggantian unit baru yang bisa didapatkan sesuai produk asuransi yang dimiliki. Untuk proses pengajuan klaim, sebaiknya menggunakan bukti berupa rekaman CCTV. Dengan demikian, ada bukti pendukung jika mobil telah hilang dan dicuri.

Sebagai Tempat Melakukan Investasi

Asuransi mobil bisa menjadi peluang investasi yang menjanjikan untuk masa depan. Kendaraan yang sudah dilengkapi asuransi akan memiliki standar yang tinggi.

Terlebih, bila Anda ingin menjual mobil yang lengkap dengan asuransinya. Tentu saja, harga jualnya akan lebih tinggi sehingga tidak perlu takut untuk menjualnya di kemudian hari.

Menciptakan Rasa Aman dan Nyaman

Harga mobil terus meningkat setiap tahunnya. Tentu saja, biaya perawatannya juga akan mahal. Dengan memiliki asuransi mobil, Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya yang harus ditanggung apabila terjadi kerusakan atau kehilangan sekalipun.

Sebab, pihak asuransi akan menanggung biayanya sesuai polis yang telah berlaku. Bagaimana, terasa lebih aman dan tenang bukan?

Jenis Asuransi Kendaraan

Setelah mengetahui manfaatnya, ada baiknya juga mengenal jenis asuransi kendaraan. Keduanya mempunyai kelebihannya masing-masing, berikut penjelasannya.

Asuransi Total Risk Only

Total Risk Only (TLO) adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan pada kerusakan mobil lebih dari 75%. Beberapa jaminan yang ditanggung meliputi, lecet akibat kecelakaan, bodi mobil penyok karena pengendara lain, hingga kehilangan yang terjadi di luar kelalaian pemilik.

Apabila kerusakan yang terjadi di bawah 75%, artinya asuransi tidak dapat diklaim. Dengan begitu, biaya perbaikan akan ditanggung sendiri oleh pemilik kendaraan. Sebaliknya, bila di atas 75% dapat mengajukan klaim perbaikan kendaraan.

Meski begitu, TLO memiliki biaya premi yang relatif lebih murah. Untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran, tetapi ingin mempunyai asuransi untuk melindungi mobil. Maka, asuransi TLO menjadi pilihan yang sangat tepat.

Asuransi All risk

Berbeda dengan jenis https://lifepal.co.id/asuransi/all-risk/, artinya akan memberikan jaminan klaim secara keseluruhan dengan segala jenis kerusakan yang terjadi.

Kerusakan yang terjadi bisa disebabkan terjadinya kecelakaan yang membuat bodi mobil mengalami kerusakan parah, lecet, spion patah, penyok, hingga kehilangan ( di luar kelalaian pemilik).

Asuransi All Risk akan menjamin semua kerusakan, baik ringan, sedang, hingga berat asalkan sudah tertulis di dalam polis. Meski begitu, biaya premi cenderung lebih mahal dibandingkan dengan TLO.

Tentu saja, ada harga ada kualitas karena all risk menjamin secara keseluruhan. Untuk informasi biaya asuransi all risk lebih lanjut klik di sini.

5/5 - (1 vote)
Juragan Review

Informasi Seputar Rekomendasi Produk Terbaik.

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.