Cara Memperbaiki Hardisk Rusak dan Tidak Terbaca Oleh BIOS - Juragan Review

Juragan Review

Cara Memperbaiki Hardisk Rusak dan Tidak Terbaca Oleh BIOS

JuraganReview.com Cara Memperbaiki Hardisk Rusak dan Tidak Terbaca Oleh BIOS | Banyak hal yang tidak kita mengerti ketika ada masalah yang terjadi pada laptop kita, salah satunya adalah ketika terjadi pada harddisk kita. Apa yang harus kita lakukan ketika harddisk kita rusak??.

Cara Memperbaiki Hardisk Rusak dan Tidak Terbaca Oleh BIOS

Cara Memperbaiki Hardisk Rusak dan Tidak Terbaca Oleh BIOS

Cara Memperbaiki Hardisk yang Rusak

Banyak macam kerusakan hardisk yang biasa dialami seperti bad sector atau hardisk tidak terbaca. Kendala tersebut yang sering terjadi pada kerusakan hardisk, padahal kerusakan hardisk tersebut dapat terjadi karena hal-hal kecil yang tidak sengaja kita lakukan ataupun sering kita abaikan. Untuk itu mari kita simak penyebab dini kerusakan hardisk berikut.

Baca Juga : 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik 2015

Kenali Sejak Dini Penyebab Kerusakan Hardisk

  • Jangan Biarkan Hardisk Kita Over, hardisk terlalu over juga kan membuat hardisk kita bekerja lambat kemudian lama kelamaan akan membuat hardisk tersebut menjadi hang.
  • Hardisk jarang dibersihkan, jangan salah tangkap dulu za, yang dimaksudkan membersihkan hardisk adalah hapus file tidak terpakai agar tidak mengakibatkan hardisk kita over.
  • Jangan lupa untuk mendefragmen hardisk kita beberapa bulan sekali, hal ini dimaksudkan untuk menjaga kestabilan hardisk.
  • Sering restart computer, restart komputer juga akan mempengaruhi kinerja hardisk kita.
  • Tegangan listrik tidak stabil atau sering naik turun akan membuat sistem fungsi hardisk mengalami gangguan error disk.
  • Hal-hal diatas yang mungkin kita angga sepele tersebut padahal akan membuat hardisk kita mengaami gangguan bahkan kerusakan yang fatal dapat terjadi.

Cara Memperbaiki Hardisk yang Rusak

Biasanya kerusakan hardisk terjadi karena bad sector, untuk menangani hal ini ada beberapa macam cara penanganan awal yang harus Anda coba tergantung dari merk hardisk yang Anda gunakan.

  • Untuk penanganan awal Anda dapat menggunakan perintah Format C: (sesuaikan dengan drive yang hendak di format).
  • Jika cara tersebut belum berhasil, Anda dapat menggunakan program disk manager dari masing-masing pabrik pembuat hardisk.
  • Jika cara tersebut belum berhasil juga, Anda dapat menggunakan software HDDREG, software tersebut dapat Anda download di internet.
  • Jika masih belum berhasil juga, maka coba Low Level Format atau Zero File. Memformat hardisk yang akan mengakibatkan file di dalam hardisk hilang.
  • Jika masih tidak bisa juga, Anda dapat memotong sektor hardisk yang rusak dengan cara membagi hardisk serta tidak menggunakan hardisk yang rusak.

Baca Juga : 10 Aplikasi Edit Foto Blackberry Terbaik 2015

Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca oleh BIOS (Basic Input Output System)

Jika kerusakan hardisk Anda adalah tidak dapat terbaca oleh BIOS maka Anda harus lebih mengeluarkan waktu serta tenaga lebih karena agak ribet kalau masalah hardisk tidak terbaca oleh BIOS. Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk memperbaiki hardisk tidak terbaca oleh BIOS, berikut cara yang dapat Anda coba;

  • Langkah awal Anda harus melihat pengaturan BIOS tersebut, dimana harddisk disetting OFF sehingga tidak terbaca. Solusinya rubah pengaturan hardisk pada BIOS setting hardisk ON.
  • Cek arus listrik pada kabel hardisk, kesalahan kecil seperti ini sering terjadi jika Anda tidak memperhatikan benar-benar saat pemasangan hardisk seperti kabel terputus, keslahan memasang tidak sesuai tempat dll, dalam hal ini Anda harus memasang ulang kabel haedisk.
  • Lihat piringan hardisk, jika kesalahan dari piringan hardisk yang tidak berputar karena aliran listrik tidak mendukung, maka periksa ulang keadaan kabel hardisk apakah dalam keadaan baik, coba tukar dengan kabel power lainnya, namun jika berbagai cara tersebuat sudah Anda coba tapi tidak berhasil kemungkinan memang terjadi kesalahan pada hardisk itu sendiri.
  • Cek pemasangan jumper yang sesuai, jika mengalami kesalahan memang tidak akan dapat terdeteksi.

Sekian dulu tips Cara Memperbaiki Hardisk Rusak dan Tidak Terbaca Oleh BIOS yang bias Juragan Review berikan. Semoga bermanfaat yang bisa diaplikasikan ketika terjadi masalah pada harddisk teman teman.