Nyamuk Aedes Aegypti ber-Wolbachia - Juragan Review

Juragan Review

Nyamuk Aedes Aegypti ber-Wolbachia

Juragan Review – Nyamuk Aedes Aegypti ber-Wolbachia | Pada tanggal 1 Desember lalu alhhamdulillah tim Juragan di undang oleh salah satu komunitas dimana tim juragan ikutin. Komunitas Blogger Jogja yang juga mendapat undangan dari tim EDP (Eliminate Dengue Program).

EDP sendiri merupakan sebuah lembaga penelitian yang digawangi oleh Fakultad Kedokteran UGM dengan difasilitasi oleh Yayasan Tahija Universitas Monash, Australia. Dimana Yayasan Tahija mendanai program penelitian yang dilakukan oleh tim EDP untuk menemukan cara penanggulangan penyakit demam berdarah (DBD) di Indonesia.

Dalam penelitian ini, pihak EDP meneliti sebuah bakteri Wolbachia yaitu bakteri yang terdapat di tubuh hewan serangga seperti ngengat, lebah, tawon, dan lain lain yang berada di Kota Jogja. Bakteri Wolbachia sendiri dipercaya dapat menghambah penularan virus dengue yang akan ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti ke tubuh manusia yang disengatnya.

Nyamuk Aedes Aegypti ber-Wolbachia

Virus Wolbachia yang ditemukan itu disuntikkan kedalam telur nyamuk yang akan menetas, sehingga diharapkan ketika telur menetas maka nyamuk yang dihasilkan telah mengantuk bakteri Wolbachia. Ketika virus Wolbachia terdapat pada tubuh nyamuk betina, makan akan ada kemungkian bakteri yang ada di tubuhnya akan ditularkan kepada nyamuk jantan yang belum terdapat bakteri wolbachia di tubuhnya melalui perkawinan. Bisa lihat ilustrasi dibawah ini prosenya :

Proses Penyebaran Virus Wolbachia

Proses Penyebaran Virus Wolbachia

Dalam penelitian ini yang dilakukan beberapa tahap dari tahun 2011 dan masih dilajutkan hingga sekarang mendapatkan hasil yang cukup menggembirakan dengan peningkatan yang cukup signifikan.

Pada tahap pertama penelitian dilakukan di 2 Desa di Kabupaten Sleman, Yogyakarta yaitu di Desa Nogotirto dan Kronggahan. Penelitian pada kedua desa tersebut dimulai sejak awal tahun 2014.

Grafik Persentase Nyamuk Aedes Aegypti ber-Wolbachia

Grafik Persentase Nyamuk Aedes Aegypti ber-Wolbachia

Buat yang masih penasaran dengan Program Penelitian EDP ini bisa lihat sekilas di video dibawah ini :

Demikian sharing tentang Nyamuk Aedes Aegypti ber-Wolbachia, semoga dengan adanya sharing ini rekan – rekan lebih mengerti bagaimana cara pencegahan penyakin demam berdarah yang sebenarnya. Informasi tentang nyamuk aedes aegypti selengkapnya bisa cek disini.