Kami Yang Tak Ingin Mati Lebih Cepat Dari Waktunya - Juragan Review

Juragan Review

Kami Yang Tak Ingin Mati Lebih Cepat Dari Waktunya

JuraganReview.com – Safety Riding dan Safety Mind YRA Jogja | Kematian akibat kecelakaan di Indonesia sangatlah besar, sehingga dibutuhkan kesadaran berkendara yang cukup bagi setiap individu. Berkendara bukan hanya sekedar bisa mengendarai motor, mobil tetapi bagaimana sikap kita saat berkendara di jalan.

Kesadaran seperti itu yang sulit kita dapatkan disetiap individu, apalagi pada mereka para remaja yang masih mencari jati dirinya. Masih senang ugal – ugalan, masih senang dengan namanya track – trackan, balap liar dan sebagainya.

Maka dari itu, banyak kecelakaan Indonesia mayoritas dari remaja, tidak hanya itu kejahatan saat berkendara juga banyak dari kalangan remaja. Sangat beruntung sekali tim Juragan Review di undang oleh tim dari YRA (Yamaha Riding Academy) Jogja untuk mengikuti acara Safety Riding dan Safety Mind bersama para Blogger dan Motovlogger asal Jogja.

Safety Mind dan Safety Riding Bersama YRA Jogja

Pengertian Safety Riding sendiri adalah suatu usaha yang dilakukan dalam meminimalisir tingkat bahaya dan memaksimalkan keamanan saat berkendara, dan menciptakan kondisi yang tidak membahayakan pengendara lainnya.

Terkadang kita sudah sangat berhati hati dalam berkendara, tetapi kita tidak akan pernah tahu bagaimana kondisi dijalanan apakah orang lain sudah safety dengan kendaraannya sendiri. Hal ini yang juga akan berakibat sebuah kecelakaan. Nah, maka dari itu juga diperlukan yang namanya Safety Mind.

Selain Riding Skill setiap individu, kita juga harus dituntut untuk sadar akan keamanan berkendara. Dengan begitu kita akan dapat meminimalisir adanya kecelakaan berkendara. Beberapa hal yang dapat menyebabkan kecelakaan adalah : (1). Kenderaan, (2). Manusia, dan (3). Kondisi Jalan.

Kenderaan

Safety Riding dan Safety Mind YRA Jogja

Yamaha YZF R25 (Sumber : https://www.indiacarnews.com)

Setiap ingin berkendara baiknya dicek ulang kondisi kenderaan yang akan kita gunakan, mulai dari kondisi ban, rem depan belakang, serta kelengkapan lain yang dapat membahayakan pengendaranya.

Manusia

Safety Riding dan Safety Mind YRA Jogja

Berkendara Tidak Memakai Helm (Sumber : http://www.boombastis.com/)

Kesalahan terbesar dalam berkendara adalah terletak pada human eror, kesalahan yang diakibatkan oleh si pengendara itu sendiri. Kelalaian kecil yang kita anggap tidak jadi masalah, seperti pemakaian alat pengaman berkendara, sarung tangan, helm yang sudah bersetifikasi dan alangkah baiknya memakai yang fullface.

Adanya etika saat berkendara juga sangat perlu di indahkan, menghormati pengendara lain dengan memberikan kenyamanan merupakan salah satu cara mengurangi resiko kecelakaan.

Kondisi Jalan

Safety Riding dan Safety Mind YRA Jogja

Jalan Becek

Kondisi jalan di Indonesia tidak dapat kita prediksi membuat kita harus tahu benar dengan karakter jalan yang akan kita jalani. Sehingga kita dapat meminimalisir kemungkinan kecelakaan yang terjadi pada kita. Jalan yang berlubang, jalanan yang becek sangat riskan dalam terjadinya kecelakaan.

Beruntung sekali Juragan memiliki kesempatan ketika langsung di tutor dengan para tutor yang memiliki sertifikasi Internasional dari YRA (Yamaha Riding Academy) Jogjakarta. Banyak sekali pengetahuan mengenai safety riding yang Juragan dapat dari sharing session yang dilakukan.

Selain itu, Juragan juga memili kesempatan tuk melakukan test drive sekaligus menerapkan Safety Riding yang sebenarnya melalui simulasi yang telah disediakan oleh tim YRA Jogja. Kesempatan ini Juragan berhasil mencoba mengendarai Yamaha Xabre dan Yamaha R25. Wooww, akhirnya bisa mengedarai moge dengan cc yang besar.

Safety Riding bermula dari diri sendiri, kita yang menjaga diri kita untuk lebih aman. Ketika kita telah memposisikan diri kita benar – benar aman, makan secara tidak langsung lingkungan sekitar kita saat berkendara akan aman. Maka jika setiap orang ketika ingin berkendara berfikir bagaiaman mengamankan diri sendiri saat berkendaraan angka kecelakaan akan berkurang.

Bagaimana? Apakah kamu siap memulai berkendara secara aman dimulai dari dirimu sendiri? Jawabanny ada ditangan kamu sediri.

Demikian sedikit bahasan bagaimana serunya Safety Riding dan Safety Mind bersama YRA Jogja. Semoga dengan curhatan yang singkat ini memberikan pemahaman bagaimana seharusnya berkendara yang aman. Sehingga keamanan saat berkendara bisa terjalin.

/* */