Juragan Review

Diskusi Halal Bersama LPPOM MUI di Hokben Restoran

JuraganReview.com – Hokben Restoran Halal | Sebagi umat Muslim, sangat penting sekali dalam memperhatikan perihal makanan. Karena makanan yang baik masuk kedalam tubuh akan mempengaruhi perilaku kita di kehidupan.

Makanan halal yang masuk kedalam tubuh, akan membuat tubuh kita terhinda dari penyakit fisik maupun penyakit non fisik seperti iri hati, dengki, bahkan dendam. Maka dari itu kita harus sengan protektif terhadap makanan yang masuk kedalam tubuh kita.

Hal ini yang membuat saya semangat untuk mengikuti sebuah acara yang diadakan oleh Hokben Jakal yang bekerjasama dengan LPPOM MUI dan Komunitas Blogger Jogja untuk mengadakan Diskusi Makanan Halal yang diadakan pada tanggal 4 Juni 2016 kemarin.

Melalui proses seleksi, karena tempat yang terbatas saya sangat berharap sekali dapat mengikuti acara tersebut. Dan alhamdulillah menjelang acara saya sebagai pemilik blog Juragan Review diterima sebagai salah satu peserta.

Disini saya akan banyak belajar mengenai seperti apa makanan yang halal lagi baik langsung dari narasumber yang berkompeten. Sehingga kita kedepannya tidak akan salah pilih mengenai makanan yang seharusnya masuk ke dalam tubuh kita.

Hokben (Hoka Hoka Bento) Jalan Kaliurang atau lebih dikenal dengan namam Hokben Jakal Jogja merupakan tempat yang dipilih untuk melaksanakan event kali ini. Hokben merupakan Restoran yang sudah memiliki Sertifikasi Halal dari LPPOM dan MUI sendiri.

Hokben Restoran Halal

Hokben pertama kali hadir di Indonesia pada tanggal 18 April 1985 di bawah PT. Eka Bogainti dengan nama Hoka Hoka Bento dengan Resto pertama di daerah Kebon Kacang. Di Tahun 1990 Hokben mengembang sayap bisnisnya ke daerah Bandung, dan pada tahun 2005 kembali hadir di Kota Surabaya Jawa Timur.

Kata Hokben yang merupakan sebutan para pelanggan setia Hoka Hoka Bento, sehingga manajemen dari Hokben kembali merebranding nama dan logo yang mereka miliki supaya semakin masuk kedalam hari para pelanggan setianya.

Pada Tahun 2008 Hokben berhasil mendapatkan Sertifikasi Halal dari LPPOM dan MUI dengan predikat A. Hal yang ini yang membuat Hokben selalu concern terhadap makan halal yang diberikan kepada pelanggan setia mereka.

Makanan Halal Lagi Baik

Pada diskusi makanan halal kali ini disampaikan langsung oleh Ibu Ir. Osmena Gunawan selaku Wakil Direktur LPPOM MUI Pusat. Beliau banyak sekali menjelaskan mengenai makanan halal dan thayyib.

Ir. Osmena Gunawan

Ir. Osmena Gunawan

Produk Halal menurut beliau adalah produk yang tidak akan membuat manusia dosa di dunia dan tidak mendapatkan siksa di akhirat. Beliau juga menjelaskan mengenai makanan yang Thayyib, seperti :

Makanan yang Thayyib :

  • Makanan yang tidak kotor dari segi zat nya atau rusak (kadaluarsa), atau makanan yang tidak tercampur/terkontaminasi dengan najis
  • Sebagai makanan yang mengundang selera bagi yang akan mengkonsumsinya dan tidak membahayakan fisik serta akalnya
  • Sebagai makanan yang sehat, proporsional, dan aman

Makanan yang Sehat : Mengandung gizi cukup dan seimbang (artinya kualitas atau mutunya baik).

Selain itu juga beliau menjelaskan mengenai makanan proporsional dan makan yang aman bagi tubuh :

  • Makanan Proporsional, artinya sesuai dengan kebutuhan, tidak terlalu berlebihan (tabdzir) atau tidak kekurangan, dan tidak melampaui batas yang wajar.
  • Makanan Aman, artinya tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh dan tidak menyebabkan sakit.

Hal terpeting dalam diskusi kali ini adalah beliau menjelaskan bagaimana kita bisa memproteksi diri kita sendiri dari makanan yang masih diragukan kehalalannya. Ada beberapa hal penting yang bisa kita lakukan sebelum kita memutuskan untuk membeli sebuah produk atau makan di tempat makan yang masih kita ragukan sertifikasi halalnya, adapun tips nya :

  1. Selalu melihat Logo MUI pada kemasan atau tempat makan tersebut.
  2. Untuk makanan dalam kemasan, selalu melihat komposisi dari makanan tersebut. Untuk makanan di restoran bisa melihat dari buku menu.
  3. Lihat daftar produk bersertiikat Halal MUI di Jurnal Haal, Aplikasi Halal di Android/BB/iOS atau langsung di Website http://halalmui.org.
  4. Bisa langsung bertanya melalui email : [email protected]
  5. Atau bisa melalui SMS dengan cara ketik : HALAL <spasi> NAMA PRODUK kirim ke 98555.

Saya iseng – iseng cek Sertifikasi Halal Hokben melalui SMS dan hasilnya benar ternyata Hokben sudah ada Sertifikasi Halal nya. ^,^

Dikesempatan yang sama juga Ibu Ir. Osema Gunawan menjelaskan bagaiman Diagram Alir Proses Sertifkasi Halal yang bisa di ikuti oleh setiap pemilik produk yang ingin mendapatkan Sertifikasi Halal dari LPPOM MUI.

Diagram Alir Proses Sertifkasi Halal

Diagram Alir Proses Sertifkasi Halal

Terima kasih juga kepada Komunitas Blogger Jogja dan Hokben Jakal yang sudah memfasilitasi kami untuk lebih mendalami tentang makanan halal. Baik yang masuk, maka baik pula yang keluar dari tubuh. Blogger Jogja MAKSIMALLLL!!!.

Hokben Restoran Halal

Keceriaan Blogger Jogja di Depan Hokben Jakal

Demikain review menganai acara Diskusi Makanan Halal Bersama LPPOM MUI dengan Blogger Jogja yang diadakan di Hokben Jakal. Semoga dengan adanya informasi di atas memberikan sedikit informasi bahwa Hokben Restoran Halal.

Sistem Pemerintahan Indonesia, Mesin Stone Crusher, Mesin Crusher Batu, Sepatu Crusher